Selasa, 24 Maret 2009

10 FAKTOR DALAM MERANCANG JURNAL INTERNAL (HOUSE JURNAL)

Cakupan Pembaca

Dalam hal ini, sebuah jurnal harus menyediakan berita/informasi/pesan yang bisa diterima oleh berbagai macam kalangan dengan jurnal yang berbeda-beda. Pembaca akan tertarik untuk membaca hal yang ia minati yang tentu saja sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya, para pengusaha tidak akan tertarik membaca majalan Gadis, ia lebih tertarik membaca suratkabar Kompas, atau Bisnis.

Kuantitas

Besar kecilnya suatu jurnal yang diterbitkan akan mempengaruhi kualitas yang ada dalam jurnal tesebut, baik metode-metode produksi, atau pun kandungan materi yang ada di dalamnya.

Frekuensi

Berapa seringnya jurnal diterbitkan? Tentu saja jurnal mempunyai tanggal, hari, bulan tersendiri dalam menerbitkan hariannya. Ada jurnal yang diterbitkan secara harian, mingguan, bahkan bulanan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan dalam merancang sebuah jurnal


Kebijakan

Kebijakan dalam hal ini, menyangkut tujuan diterbitkannya jurnal tersebut. Hal ini tidak akan lepas dari sesuatu yang sudah terjadi. Maka dari itu, dalam membuat jurnal, seorang PR tentu saja punya tujuan tertentu untuk mencapai tujuan khalayak dalam memperoleh pesan yang dikemas.

Judul

Dalam pemilihan judul, kita benar-benar harus membuat sesuatu yang berbeda dan mencolok. Tentu saja, judul tersebut tidak boleh lepas dari tujuan yang kita paparkan sebelumnya. Pemilihan judul harus menjadi suatu yang konsisten, karena untuk memopulerkan jurnal tersebut, maka judul dari jurnal tidak boleh berubah-ubah. Pemilihan judul yang tepat dan sesuai akan lebih menarik perhatian khalayak dan bertahan lama.


Proses Percetakan

Dalam proses percetakan harus diperhatikan beberapa hal, bagaimana jurnal itu dicetak, memakai mesin seperti apa? dan harus menentukan pilihan berdasarkan beberapa faktor penting seperti : format jurnal, jumlah halaman, pemakaian warna, jumlah gambar atau foto, kualitas percetakan yang dibutuhkan, perlu tidaknya teknik topografi digunakan.

Gaya dan Format

Disini juga kita perlu memilih secara benar tentang format yang akan ditampilkan dalam jurnal tesebut. Apakah hitam putih atau berwarna? Bagaimana dengan tulisannya? Tentu saja dengan gaya dan format yang telah dirancang sedemikian rupa harus menarik khalayak untuk membaca apa yang sudah kita kemas dalam jurnal. Maka dari itu, tampilan yang menarik menjadi perhitungan yang paling utama untuk mengundang khalayak menggunakan sensasinya dalam pemilihan jurnal.


Dijual atau dibagikan secara Cuma-cuma

Jika jurnal tesebut sudah menjadi suatu media yang besar dan dibutuhkan serta dicari oleh khalayak, maka jurnal tesebut pasti mempunyai harga. Jika jurnal tesebut hanya berupa poster kecil yang ditempel dimana-mana, maka nilai jualnya tidak ada atau bisa dibagikan secara Cuma-cuma, namun yang terkandung di dalamnya adalah nilai pesan.

Iklan

Jika jurnal tesebut sudah terkenal, biasanya banyak sekali iklan yang menampilkan produknya dalam jurnal tesebut. Iklan juga bisa menambah penampilan jurnal menjadi semakin menarik. Dengan iklan-iklan pribadi dan gratis juga menjadi cara ampuh untuk meningkatkan minat baca pada jurnal tesebut.

Distribusi

Dalam mendistribusikan jurnal tesebut, maka ada beberapa alternatif, misalnya dengan pos, dari tangan ke tangan, di jual di toko buku/tukang koran, tempat-tempat tertentu, dan lain-lain. Biasanya dengan cara pos menjadikan hal yang paling praktis dalam distribusi jurnal. Namun membutuhkan uang tambahan untuk menggaji para loker koran tersebut.



Reactions:

0 comments: