ads 728x90
ads 728x90

Pelajaran Motivasi



Halo semuanya, thanks banget ya udah mau mampir dan baca-baca blog komunikasi saya. Seneng banget ternyata website ini lumayan juga banyak peminatnya!! Berarti yang minat sama dunia komunikasi dan pengen belajar tentang komunikasi lumayan banyak juga ya?? hehehe.. bagus kalo gitu! kenapa? karena, saya tau mahasiswa jaman sekarang apa-apa nyari pake internet. Jangankan hal-hal yang kecill.. sampe ada aja loh, anak males yang nge download skripsi biat di “kopas” alias copy paste. Hahaha.. sebenernya, perkembangan teknologi komunikasi yang semakin menggila ini tergantung juga lhooo pemakaiannya! semoga dipake buat hal yang positif, dan dijadikan sebagai alat untuk pencerdasan bangsa, bukan malah jadi pembodohan. Apalagiii.. sekarang Google udah bisa translate Indonesia - English yaaa?? semakin gampang yaa aksesnya! but don’t forgett all.. darimanapun sumber yang ada di internet, semuanya juga berasal dari BUKU. tetep aja yaa.. buku yang harus jadi panutan kita! Internet segalanya, tapi buku adalah yang lebih lengkap dari segalanya. Bedanya, internet murah aja, jadi gampang akses apapun!

Oke, This Is Study Journal.. disini saya mau bagi-bagi pengalaman tentang bagaimana cara membangun motivasi diri sendiri dalam melakukan sesuatu hal. Khususnya belajar. Karena jujur aja, sebenernya saya adalah anak yang sangat malas belajar, waktu di SMP dan SMA saya kurang suka belajar dan sama sekali ngga termotivasi. Tapi pas kuliah, ternyata saya menemukan diri saya itu adalah seseorang yang berbeda. kenapa bisa gitu? saya bahas yaa..

1. Belajar adalah sesuatu yang menyenangkan, kalo kita punya PASSION untuk melakukan hal itu. PASSION disini maksudnya bukan passion asmara lhoo.. tapi, maksud saya disini adalah hasrat kita untuk menggapai sesuatu. hasrat dalam diri yang menggebu-gebu sehingga membuat kita termotivasi. Intinya, kalo kamu mengerjakan apapun, usahakan itu adalah benar-benar konsentrasi yang kamu tentukan. Misal : Saya suka Komunikasi, maka saya kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi. That is why saya memiliki passion untuk belajar masalah komunikasi.

2. Kenali apa yang kamu suka dari diri kamu. YOU IS YOUR LIFE, YOU IS YOUR CHOICE, YOU IS YOUR FUTURE (nguti dikit dari kata temen ane : "nadia sabrina"). kenapa saya cantumin kutipan kaya gini? karena kadang banyak orang yang buang-buang waktu dan mengerjakan apa yang mereka ngga suka, tapi mereka jalani. Sebenernya gapapa sih, cuma menurutku itu buang-buang waktu banget. Seperti ada kasus mengglobal seperti ini : “seorang insinyur dari sebuah insitut ternama di Surabaya, bekerja sebagai pegawai bank”. Contohnya memang terlihat ekstrim, tapi itu kenyataan lhoo.. banyak banget yang kaya gitu, malah lebih parah. Intinya, mereka membuang waktu untuk belajar tentang hal-hal “fisik” tapi kenyataannya mereka bekerja di jalur yang berbeda. Coba deh, renungkaann teman-teman, kuliah itu mahal lho.. pilih jurusan yang bener-bener mau jadi konsentrasi kalian ke depan itu penting. BERUNTUNGLAH kalian para lulusan komunikasi, karena KOMUNIKASI itu sifatnya luas, dan dimana-mana selalu ada komunikasi, so.. kalian bener-bener dibutuhkan!!! Ya.. semoga aja ya kedepannya bakalan ada sertifikasi untuk setiap jurusan perkuliahan, jadi lahan orang ga diambil sama yang lain!!

3. MANAJEMEN DIRI. kenapa ini penting? karena dengan kamu memanajemen diri kamu, maka kamu bakalan termotivasi dengan sendirinya. CONTOH KONGKRIT DEH : masuk semester 5 udah mulai rada-rada males kuliah. Tapi saya harus memotivasi diri saya untuk tetep semangat. yang saya lakukan adalah : Beli Binder Baru untuk kuliah, alat tulis baru, dan buat catatan-catatan kuliah, dari mulai Catatan Tugas (Management Tugas), daftar kehadiran, wishlist, sampe ke STUDY JOURNAL (nanti ini saya bahas sendiri di point berikutnya ya!). Sebenernya ini adalah contoh yang terjadi pada saya dan temen saya. Tapi, tergantung orangnya juga.. misalnya apapun yang kamu senengin jadikanlah itu sebuah motivasi. Misal harus keluar uang lumayan gede juga, tapi buat saya sih, motivasi yang kamu dapetin itu priceless lho! x)

4. STUDY JOURNAL. nah ini dia, pembahasan saya yang lumayan penting. Jarang ya sekarang orang yang menggunakan study journal untuk memotivasi belajar? Semoga dengan adanya artikel ini, bisa jadi pencerahan deh. Study journal adalah sebuah diary tentang keluh kesah, kesulitan, kemudahan, cita-cita, dan pengharapan kamu tentang apa yang sedang kamu pelajari. Bentuknya bisa apa aja. Kamu bisa bikin study journal ini di halaman depan catatan kuliah kamu, atau kamu emang niat punya study journal sendiri. Coba deh, di study journal itu, kamu tulisin semua keluh kesah kamu tentang suatu mata kuliah/pelajaran. Kamu ceritain tentang dosennya, dan materi-materi yang kamu anggap ngga ngerti!! Gunanya Study journal ini juga untuk mengingatkan kamu pada masalah-masalah yang kamu belum pecahkan. Ada lagi hal menarik pada study journal ini, akan saya bahas pada point berikutnya tentang kegunaan STUDY JOURNAL.

5. DRAW AND IMAGINE WHAT YOU REALLY DREAMING. Ini berguna banget untuk memotivasi hidup kamu. Coba deh, kamu gambar dan bayangkan apa impian kamu di masa yang akan datang (tentunya yang realistis yaaa jangan doraemon juga gitu dipikirin ), nah habis itu.. kamu coba gambarin di sebuah kertas judulnya yang bikin kamu harus merasa termotivasi. kalo punya saya sih judulnya “The Reason Why I Really Need To Work Hard”, dan di dalamnya itu ada gambar sebuah rancangan RUMAH sederhana lengkap dengan list perabotannya. Ga perlu rumah kok, apa aja yang kamu impikan, coba mulai di gambar dan di bayangkan. Kata sebuah buku “The Secret” karya Rhonda Byrne, bahwa semakin kamu mengungkapkan apa yang menjadi mimpi kamu, maka semakin dekat impian yang kamu inginkan akan terwujud. Nah, nanti gambar-gambar tentang impian kamu ini, kamu masukin di STUDY JOURNAL yang udah kamu buat! Semoga bisa memotivasi kamu untuk lebih maju!

6. QUOTES. siapa bilang cuma pujangga yang bisa bikin quotes? semua juga bisa lho.. anak komunikasi juga tentunya harus pinter bikin quotes! tapi jangan quotes cinta ja yah! quotes yang memotivasi diri kamu sendiri tentunya!! mau bahasa inggris, indonesia, sunda, jawa, prancis, belanda, terseraaaah.. yang penting kamu senang dan tentunya bertujuan untuk motivasi diri sendiri yaa.. :D

7. OPTIMIS!! Nah ini yang selalu dilupain sama orang. Selalu bersikap optimis dengan apa yang kamu lakukan! believe in your self, be your self! Saya mau cerita sedikit tentang GEN POSITIF yang ada di dalam diri kita. Saya pernah baca sekilas tentang GEN, dari buku “Tuhan Berada Dalam Gen Kita” lupa siapa yang nulis, cuma itu buku bagus banget untuk motivasi hidup kamu lhoo. Jadi di dalam diri kita itu ada yang namanya gen positif dan gen negatif. Gen positif itu misalnya, pengembangan diri, kepercayaan diri, rasa senang, rasa bahagia, dan perasaan positif lainnya. Sedangkan gen negatif itu adalah rasa pesimis, ga PD, kesel, marah, takut, khawatir, dan perasaan negatif lainnya. Ternyata pada saat kita merasakan perasaan positif, gen positif kita itu aktif, that is why orang2 yang optimis itu LIFE LONGER daripada orang yang pesimis. Pengetahuan tentang GEN ini penting loh, karena dengan aktifnya gen positif itu akan mematikan gen negatif kita. Ini juga bisa jadi salah satu bentuk penyembuhan dari orang-orang yang punya penyakit “tervonis meninggal” seperti HIV,Kangker,dll,dll.. dengan mengaktifkan gen positif ini, akan membuat mereka hidup lebih lama. :D

8. HAL-HAL LAIN PENUNJANG KEMAJUAN MOTIVASI&MOOD. misalnya : kamar yang rapi bisa bikin mood naik, beli barang fashion, punya pacar (ini juga nambah mood lho :p), buat website yang menyangkut hal belajar (ini saya lakukan ahhahah.. contohnya BLog ini), dan lain-lain tergantung kebutuhan orang tersebut.

Nah, hal-hal diatas adalah hal-hal yang bukan cuma saya omongin aja, tapi saya juga aplikasikan pada diri saya. Alhamdulilah hasilnya lumayan, saya juga sekarang lumayan termotivasi dalam hidup ini.. hahahah.. Buat segala hal yang kamu ga suka jadi tantangan deh!! tentang tantangan, nanti saya akan bahas di STUDY JOURNAL yang selanjutnya yaa.. :) BTW, ini juga namanya study journal.. ya kira-kira bentuknya kaya gini lah.. cuma bedanya ini mungkin lebih menceritakan tentang motivasi hidup. Semoga yang baca juga dapet motivasi yaa.. Amieeen…

“STUDY IS NOT ALL ABOUT VALUES BUT PASSION.. BURN YOUR PASSION THEN YOU’LL BE MOTIVATED!!”

support by : kuliahkomunikasi.com
Pelajaran Motivasi Pelajaran Motivasi Reviewed by Jurusan ilmu komunikasi on 20.44 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.